Skip to toolbar
Close

Pertukaran Pelajar sebagai Dampak Transnasionalisme terhadap Interstate

Apakah anda masih ingat dengan pertemuan bilateral yang masing-masing dilakukan secara terpisah oleh Jokowi dengan presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), perdana menteri Jepang, presiden Amerika Serikat, dan presiden Rusia pasca Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Coorperation (APEC) 2014 di Beijing?

Kegiatan tersebut merupakan contoh dari interstate.

yakni segala bentuk interaksi dalam diplomasi konvensional.

Pada masa Perang Dunia interaksi antar-pemerintah dikuasai oleh perang-damai dan persoalan hard politics lainnya namun sebagaimana yang dicontohkan oleh pertemuan bilateral yang telah disebutkan diatas, pembahasan telah banyak bergeser pada sektor lain seperti ekonomi, sosial, dan budaya. Keamanan tetap menjadi agenda dalam hubungan antar pemerintah namun kini metode dalam pembangunannya telah banyak berkembang. Sebut saja salah satunya pertukaran pelajar seperti yang diadakan oleh Fullbright atau Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN). Cara tersebut memang tidak menyentuh langsung pada perang atau konflik namun melalui aktivitas tersebut diharapkan para pelajar, yang tidak lain juga merupakan generasi penerus dan penggerak roda bangsa, paling tidak akan mengenal keberagaman yang ada di belahan dunia yang lain, lebih open-minded, dan terbangun nilai-nilai perdamaian dalam diri mereka sehingga menekan kemungkinan kesalahpahaman, sensitivitas ras, etnis, maupun budaya, dan hal lain yang menuntun pada konflik atau bahkan perang antar negara.

Contoh tersebut menunjukkan bagaimana berkembangnya diplomasi sebagai salah satu interaksi dalam hubungan internasional akibat transnasionalisme. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam tulisan sebelumnya, perkembangan teknologi turut serta menciptakan globalisasi yang membuka pintu terhadap aktor non-pemerintah untuk bermain dalam politik dunia. Dahulu yang awalnya proses perwujudan perdamaian melalui one-track diplomacy (pemerintah), kini individu pun dapat terlibat melaui multi-track diplomacy berbentuk pertukaran pelajar.

© 2020 HIary | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.